Monday, November 3, 2014

Pengenalan JSP

Java Server Page (JSP) adalah teknologi web berbasis bahasa pemograman java dan berjalan pada platfom java yang diproduksi oleh Sun Microsystem. JSP memungkinkan kita menggabungkan static HTML dengan dynamic konten yang dihasilkan dari Servlet. JSP juga merupakan bagian dari teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition). J2EE merupakan platfom java untuk mengembangan aplikasi enterprise dengan dukungan API (Application Program Interface) yang lengkap dan portabilitas serta memberikan sarana untuk membuat aplikasi multi tier yang memisahkan antara presentation layer, application layer dan data layer.


Jsp pada dasarnya juga halaman HTML dengan tambahan tag – tag JSP yang berupa java code. File  JSP mempunyai extention “.jsp” bukan “.htm atau html. JSP engine (java virtual mechine) melakukan proses parsing pada file.jsp selanjutnya meng-generate java servlet source file.  Kemudian mengkompilasi source file ini menjadi class file,  hal ini dilakukan pada saat pertama kali file “.jsp” dijalankan. Hal ini yang membuat lebih lambat ketika “.jsp” file  pertama kali diakses, selanjutnya setelah servlet  source file terkompile semuanya berjalan lebih cepat. Berikut ini ilustrasi bagaimana tahapan request jsp sampai dengan terlihat pada halaman browser.

1.   User menjalankan file .jsp pada browsernya, selanjutnya web browser

yang melakukan request via internet/ intranet.

2.   JSP file dikirim ke Web Server.

3.   Web server mengirimkan file.jsp ke JSP servlet engine.

4.   Jika JSP file baru pertama kali dijalankan maka dilakukan proses parsing,

jika tidak maka langsung dijalankan kelangkah ke 7.

5.   Tahap selanjutnya adalah meng-generate special servlet dari .jsp file.

Semua HTML yang dibutuhkan dikonversi keperintah println.

6.   Servlet code selanjutnya dikompile menjadi class – class java.

7.   Servlet kemudian memanggil method init dan service.

8.   HTML kemudian dari servlet selanjutnya dikirim melalui internet atau

intranet. Selanjutnya HTML ditampilkan pada browser web.

JSP mudah dipelajari dan memungkinkan developer membuat website dan aplikasi dengan cepat. JSP berjalan diatas java yang merupakan Object Oriented Programming sehingga JSP berada pada platfom yang kuat untuk pengembangan aplikasi.
Berikut kelebihan dari JSP :

a.   Multi platform.
Kita dapat merubah sistem operasi kita tanpa harus merubah kode – kode jsp yang telah dibuat misalnya dari linux ke windows atau ke unix. Demikian juga dari IIS ke Apache atau ke IBM websphere.

b.   Reusable code dengan memanfaatkan javabeans.

c.   Dengan JSP berarti kita mendapatkan semua keunggulan dari Java.

1 comment: