Monday, November 3, 2014

Pengenalan Program Java

Program Java ? Gimana tuh cara Kerja dan cara buat program dengan bahasa Java.
Pada dasarnya java adalah bahasa pemrograman yang dapat berjalan di berbagai Platform yang dikenal dengan slogan nya "Write Once Run Anywhere, Nah disini penulis menggunakan sistem operasi windows7.
Sebelum kita memulai untuk membuat program Java, kita harus tahu apa itu JVM (Java Virtual Machine). JVM biasa disebut  sebagai interpreter yaitu  aplikasi yang berjalan di atas sebuah operating system dan menerjemahkan bytecode program java dan mengeksekusinya menjadi bahasa mesin untuk diproses oleh processor. JVM mampu menerjemahkan code-code Java hampir ke semua platform, inilah yang membuat Java juga disebut sebagai aplikasi multiplatform. Proses pengeksekusiannya bisa digambarkan seperti ini: 



Untuk membuat program java,kita membutuhkan JDK (Java Development Kit)yaitu lingkungan eksekusi program yang berada di atas operating system yang dibutuhkan oleh para programmer untuk mengcompile, membenahi bugs, menjalankan tambahan-tambahan dari program yang intinya (applets) yang ditulis dengan bahasa pemrograman java. JDK memiliki JVM di dalamnya . Intinya JDK itu untuk “menulis” program java.

lalu apa itu JRE (Java Runtime Environment) , yaitu bagian dari JDK dan merupakan kumpulan dari “tools” programming, class-class inti, dan banyak file-file pendukung aplikasi. JRE ini mengeksekusi binary-binary dari class-class dan mengirimnya ke JVM untuk diproses lagi ke processor.

gimana ? sudah mulai tergambar seperti apa java itu berjalan.. J

Pada kesempatan ini penulis ingin mengenalkan terlebih dahulu program sederhana yang nantinya program kita akan berjalan di CMD Windows, oh iya jangan lupa JDK nya di install terlebih dahulu ok, selanjutnya install juga text editornya, penulis menggunakan text editor notepad++
Ok kita langsung saja, apabila sudah terinstal JDK dan TextEditornya..

Tahap pertama kita perlu mengaktifkan atau memanggil JDK agar dapat kita gunakan, kenapa harus di panggil? Apabila masih ada pertanyaan seperti itu, silahkan baca lagi penjelasan di atas.
Bagaimana cara memanggilnya? Kita perlu mengkopi direktori file bin yang ada pada folder jdk, anda bisa membuka folder jdk defaultnya ada pada direktori program files è java è jdK_versi è bin. Jika sudah masuk pada direktori bin, anda dapat mengkopi alamat direktori nya seperti ini


Anda copy alamat bin nya lalu anda klik kanan pada jendela my computer pilih properties è pilih advanced system setting è lalu pilih menu Advanced è pilih Environment Variable è pilih new è pada kolom variable name ketikan “path” dan pada kolom variable value pastekan alamat bin tadi yang sebelumnya kita copy, apabila sudah di isi tinggal di ok saja.


Selanjutnya kita cek apakah JDK tersebut sudah dapat kita gunakan pada CMD. Buka CMD nya lalu ketikan “javac”


Apabila keluarannya seperti gambar di atas maka itu artinya JDK kita siap digunakan.. apabila keluarannya tidak sama artinya jdk nya tidak ditemukan padahal sudah di setting path direktorinya tenang saja, coba anda log off dulu komputer anda lalu coba cek Javac kembali di cmd nya.
Apabila persiapannya sudah selesai tinggal kita membuat script program java nya nih.. J
Buka dulu textEditornya, untuk pengenalan pertama kita buat program yang akan mengeluarkan kata hello dulu aja ya..
Pada textEditornya silahkan ketikan perintah seperti ini


Pada script diatas terlihat bahwa nama kelas nya Latihan1 maka apabila anda menyiman file tersebut harus disamakan dengan nama kelasnya jadi kalau nama kelasnya Latihan1 maka nama filenya Latihan1.java , oh iya karena bahasa pemrogarman java ini merupakan bahasa pemrograman yang case-sensitif artinya besar kecilnya huruf itu dibedakan “A” tidaksama dengan “a” pada penamaan kelas pun anda harus memperhatika kesesuaiannya karena java sendiri sudah membuat aturan untuk penamaan kelas dimana huruf pertama untuk setiap kata adalah huruf besar dan tidak boleh terdapat spasi dalam penamaan. Contohnya SegiEmpat, SangkarBurung.

Selanjutnya pada CMD anda arahkan root direktori aktifnya pada direktori file java yang disimpan tadi, misalnya saya menyimpan file nya di drive D
Maka ketika di cmd saya masuk ke drive D dengan perintah “D:” selanjutnya ketikan perintah “javac nama_file.java” perintah tersebut maksudnya untuk mengcompile atau mengecek script pada program yang kita buat apakah ada error atau tidak, apabila program kita terdapat error maka hasil compile tadi akan keluar message error dan apabila hasil compile tersebut tidak ada apa apa itu artinya script kita berhasil, selanjutnya ketikan perintah “java nama_file” perintah tersebut untuk menjalankan program yang kita buat.. dan hasilnya kira-kira seperti ini



Mungkin Sampai disini dulu Sharenya ya TerimaKasih sudah berkunjung.. Kita lanjutkan nanti pada pembahasan Keyword, Identifiers, dan Class.

Apabila ada yang kurang mengerti dalam pembahasannya ataupun ada saran dan kritikannya silahkan disikan saja di kolom komentarnya.. J

0 comments:

Post a Comment